oleh dr. Natasha Supartono, Sp.THT

Dokter Spesialis Telinga-Hidung-Tenggorokan

Halo, Ayah Ibu Kejora!

Seringkali kita membersihkan telinga dengan caramengorek telinga memakai cotton bud, tapi pernahkah Ayah dan Ibu bertanya sebenarnya boleh nggak sih membersihkantelinga pakai cotton bud? Mari simak jawabannya yang dijelaskan oleh dr Natasha Supartono, Sp.THT berikut ini.

 

Pada prinsipnya, penggunaan alat apa pun untuk membersihkan telinga hanya boleh dilakukan oleh dokter. Penggunaan cotton bud di rumah tidak dianjurkan karena malah dapat mendorong kotoran telinga lebih dalam serta dapat menyebabkan beberapa efek samping.

Gambar 1. Earwax/kotoran telinga yang terdorong cotton bud

Beberapa efek samping yang dapat terjadi antara lain:

1. Menumpuknya kotoran telinga ke dalam dan mengeras
2. Luka pada liang telinga
3. Luka pada gendang telinga yang dapat menyebabkan bolongnya gendang telinga
4. Infeksi bakteri/ jamur pada liang telinga

Gambar 2. Luka pada gendang telinga yang dapat menyebabkan bolongnya gendang telinga

Kotoran telinga/ serumen/ earwax akan terus diproduksi oleh liang telinga sebagai sistem pertahanan yang dapat melindungi telinga dari berbagai mikroorganisme dan benda asing. Jadi, kotoran telinga tersebut memiliki fungsi tersendiri dan berperan menjaga kesehatan telinga.

Setelah memproduksi kotoran, telinga juga mempunyai mekanisme untuk membersihkan diri. Kotoran yang diproduksi tersebut akan bergerak ke arah luar secara bersamaan dengan bergeraknya otot di sekitar telinga misalnya pada saat kita berbicara/ mengunyah. Oleh karena itu, pembersihan telinga cukup dilakukan dengan membersihkan liang telinga bagian luar dan daun telinga dengan lap basah. Cara seperti ini akan lebih aman untuk dilakukan di rumah. Jadi, tidak perlu pakai cotton bud untukmembersihkan telinga ya Ayah dan Ibu Kejora!

Editor: drg. Rizki Amalia

Sumber artikel:

Bailey tect of otolaryngology 2016

Sumber gambar:

https://www.drganent.com/blog/this-is-why-you-should-never-dig-your-ears-with-a-cotton-bud-aka-q-tip/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *