oleh dr. Yulianto Santoso Kurniawan, Sp.A

Dokter Spesialis Anak

 

Apa kabar, Ayah dan Ibu? Sampai di penghujung tahun, semoga semua anggota keluarga dalam keadaan sehat.

Sepanjang tahun pasti hal yang tidak bisa kita hindarkan saat berkonsultasi ke dokter anak adalah saat imunisasi. Imunisasi bertujuan untuk menstimulasi tubuh anak untuk menghasilkan tentara (antibodi) untuk menghalau bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh anak kita. Proses imunisasi sering sekali disertai dengan rasa takut dan tangisan berderai. Oleh karena itu, kita perlu mencari cara agar proses imunisasi menjadi proses yang lebih menyenangkan.

Salah satu cara untuk membuat proses imunisasi berjalan dengan lancar adalah posisi penyuntikan. Bayi atau anak akan merasa aman dan nyaman dalam dekapan orang tua, sementara dalam proses imunisasi seringkali bayi atau anak langsung dibaringkan ke atas tempat tidur. Hal ini tergantung kesepakatan dengan orang tua, jika memang bayi atau anak tidak bisa digendong dengan tenang maka dibaringkan di atas tempat tidur menjadi pilihan kedua.

Suntikan imunisasi sampai usia 2 tahun dilakukan di paha tengah samping (vastus lateralis). Pada anak di atas 2 tahun, imunisasi dapat disuntikan pada lengan atas (deltoid) atau paha tengah samping.

Gambar 1. Lokasi penyuntikan di paha samping tengah

Gambar 2. Penyuntikan di lengan atas (deltoid)

 

Cara memegang dapat dilakukan dengan beberapa cara:

  1. Posisi cruddle

 

  1. Posisi straddle

Posisi menentukan prestasi; dengan posisi yang nyaman, maka bayi atau anak dapat merasa tenang dalam dekapan orang tua sehingga rasa sakit bisa teralihkan. Orang tua perlu memegang dengan kuat anak dalam dekapan sehingga tidak bergerak secara berlebihan. Kunci pergerakan bahu, panggul dan kaki.

Semoga dengan mempraktikkan tips di atas, proses imunisasi bisa berjalan lebih nyaman dan tangisan berkurang atau lebih cepat berhenti.

Editor: dr. Sunita

 

Sumber

https://www.health.govt.nz/publication/immunisation-handbook-2017

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *