oleh dr. Nurul Larasati

Dokter Umum

Ayah dan Ibu, apa yang dapat kita lakukan bila si kecil tersedak? Cukupkah waktu bila mengharapkan pertolongan dari rumah sakit atau klinik terdekat? Sebelum kita meminta pertolongan dari tim medis, pada situasi darurat seperti ini Ayah dan Ibu (atau siapa saja yang sedang bersama si kecil) adalah penolong pertama yang wajib memberikan bantuan. Sebelum dapat memberikan bantuan, jangan lupa untuk menenangkan diri agar pertolongan menjadi efektif.

Tersedak adalah tertutupnya saluran pernafasan bagian atas oleh makanan atau benda asing yang menyebabkan pernafasan menjadi terganggu. (Cunha, 2017) Hal ini berpotensi besar menimbulkan kematian bila tidak segera dilakukan pertolongan awal. (Somasetia, 2017)

Tanda yang paling mudah dikenali bila si kecil tersedak adalah batuk dan sulit bicara (pada anak bayi ditandai dengan merintih). (Cunha, 2017) Cermati segera apakah si kecil dapat batuk secara efektif atau tidak untuk mengetahui seberapa parah sumbatan jalan nafas (sebagian atau penuh). Batuk yang efektif adalah batuk yang responsif dan keras tanpa disertai kesulitan bernafas. Sedangkan, batuk yang tidak efektif tidak akan mengeluarkan suara dan disertai kesulitan bernafas, bibir kebiruan juga penurunan kesadaran. (Somasetia, 2017)

Bila si kecil masih dapat batuk secara efektif, biarkan ia batuk hingga sumbatan bersih. Namun, bila si kecil tidak dapat batuk efektif dan dalam keadaan sadar, berikan lima hentakan pada punggung (back blow) dengan kuat menggunakan pangkal telapak tangan yang dilakukan di antara dua tulang belikat.
Back blow yang diberikan kepada bayi yang tersedak dilakukan dengan posisi bayi telungkup di pangkuan atau lengan penolong, dengan posisi kepala bayi lebih rendah. Penolong dapat menopang kepala bayi dengan menahan rahangnya menggunakan ibu jari dan jari telunjuk dan tengah (lihat Gambar 1), hal ini biasanya tidak diperlukan bila anak berusia diatas 1 tahun atau bila sudah menopang kepala sendiri.

Gambar 1: Penanganan tersedak dengan cara back blow pada bayi. (Sumber gambar)

Pada kasus dimana back blow tidak efektif, posisikan si kecil dalam keadaan telentang di atas pangkuan dan lakukan lima hentakan dada (chest thrust) menggunakan jari telunjuk dan tengah di tengah-tengah tulang dada. Posisikan bayi tetap dengan prinsip kepala si kecil lebih rendah dibanding badannya dan topang kepala bayi dengan memegang bagian ubun-ubun dengan tangan. Ulangi dari awal bila benda asing belum keluar.

Pada anak yang lebih besar (diatas 1 tahun), pertolongan dapat dilakukan dengan cara manuver Heimlich. Penolong berdiri atau berlutut dibelakang si kecil sambil lengan mengelilingi pinggangnya. Kepalkan salah satu tangan dan letakkan di antara pusar dan tulang dadanya. Raih kepalan tangan dengan tangan lainnya dan hentakkan ke arah atas dengan kuat sebanyak lima kali. Ulangi dari awal bila benda asing belum keluar. (lihat Gambar 2) (Somasetia, 2017)

Gambar 2: Cara melakukan manuver Heimlich untuk anak diatas 1 tahun (Sumber gambar)

Berbeda halnya bila kejadian tersedak menyebabkan si kecil kehilangan kesadaran atau berhenti bernafas. Pada kondisi seperti ini, segera hubungi layanan gawat darurat dan lakukan bantuan hidup dasar (BHD) hingga tim medis datang. Keluarkan benda asing dari mulut si kecil bila tampak saat mulut dibuka. Bila tidak, segera lakukan tindakan BHD dengan memberikan kompresi dada sebanyak 30 kali dan dilanjutkan dengan pemberian dua nafas bantuan. Satu rangkaian ini dilakukan sebanyak lima siklus atau dua menit. (Somasetia, 2017)

Penting sekali bagi Ayah dan Ibu, juga pengasuh si kecil, untuk memerhatikan si kecil saat makan dan bermain. Usahakan untuk tidak membiasakan memberikan makanan saat si kecil bermain dan mengawasinya saat bermain dengan benda-benda yang kecil untuk menghindari kemungkinan tersedak. Salam sehat, Keluarga Kejora!

Sumber:

Cunha, J. P. (2017, 11 21). Choking Symptoms, Causes, Treatment. Retrieved from EMedicineHealth: http://www.emedicinehealth.com/choking/article_em.htm#
Somasetia, D. H. (2017, 08 21). Yang Harus Dilakukan Jika Anak Tersedak. Retrieved from IDAI: http://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/yang-harus-dilakukan-jika-anak-tersedak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *