oleh drg. Eva Yuli Andari, MA

Dokter Gigi Umum, Master of Arts in Health Management, Planning, and Policy

Hai Ayah dan Ibu! Sudah tahu belum kalau ternyata ada banyaaak sekali kebiasaan buruk sehari-hari yang kita tidak sadari bisa menyebabkan rusaknya gigi kita. Efeknya gigi kita bisa menjadi maju, berantakan, trauma, hingga menyebabkan bau mulut. Hiii… ngga mau kan kayak begitu? Karena itu, yuk kita bahas dulu 6 kebiasaan yang paling sering dilakukan!

  1. Bruxism
    Bruxism atau menggesekkan gigi atas dengan gigi bawah sering kita lakukan tanpa kita sadari. Bahkan kadang saat tidurpun kita melakukannya lho. Ciri dari bruxism ini adalah gigi kita menjadi ‘aus’. Nah lho buruan cek ke dokter gigimu untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.
  1. Menghisap ibu jari
    Hayo ngaku, siapa Ayah dan Ibu disini yang suka menghisap ibu jari dulu sewaktu kecil? Atau mungkin buah hatinya melakukan hal tersebut? Menghisap ibu jari dapat mengakibatkan gigi atas menjadi maju dan berantakan. So stop it if you still doing it!
  1. Menggigit benda asing
    Hindari menggunakan gigimu untuk ‘memegang’ sesuatu atau menggigit kuku. Lebih baik taruh di tempat lain daripada ditahan dengan gigi.
  1. Bernapas melalui mulut
    Selain tidak baik untuk kesehatan, bernapas melalui mulut juga bisa menyebabkan kondisi rongga mulut jadi kurang higienis.
  1. Menggigit lidah
    Ini juga salah satu hal yang kita suka tidak sadari yang bisa menyebabkan gigi depan kita menjadi berantakan.
  1. Menggigit bibir/pipi
    Merasa sering sariawan di bagian dalam pipi atau bibirmu? Nah ini kemungkinan karena kamu suka ‘iseng’ menggigitnya dikala beraktivitas.

Nah ada yang familiar dengan ‘bad habit’ diatas ngga? Kalau ada, segera hentikan kebiasaan burukmu dan segera periksa ke dokter gigi untuk penanganan selanjutnya.

Don’t let your bad habit destroy your teeth ya!

101total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *