oleh drg. Annisa Sabhrina

Dokter Gigi Umum

Halo Ayah dan Ibu Kejora…

Memiliki gigi susu yang sehat dan kuat merupakan keinginan setiap orang tua terhadap anaknya. Berbagai cara bisa dilakukan untuk mempertahankan kesehatan gigi anak seperti; pengecekan secara rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali, penutupan lubang pada gigi, menjaga kebersihan mulut dengan berkumur sehabis makan, dan rajin menyikat gigi dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Asupan bahan makanan yang baik juga tidak kalah pentingnya dalam menunjang kesehatan gigi. Ada banyak sumber makanan sehat yang bisa dikonsumsi, salah satunya yang mengandung sumber makanan kalsium.

Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting untuk kesehatan gigi dan tulang. Pada gigi, kalsium dapat memperkuat lapisan luar permukaan gigi yakni email. Permukaan email gigi rentan terhadap adanya lubang (​karies)​ juga erosi. Karena email merupakan lapisan terluar dan menjadi pertahanan paling penting dalam kekuatan gigi. Dalam upaya menjaga gigi agar tetap kuat, dibutuhkan 1000-2000 mg jumlah kalsium per hari untuk dikonsumsi.

Tentu anda sering mendengar, sumber makanan yang memiliki kalsium cukup banyak berasal dari produk susu. Susu dan berbagai jenis makanan olahannya memang memiliki nilai kalsium yang cukup tinggi. Namun ternyata kalsium tidak hanya terdapat pada susu, banyak sumber makanan lain yang memiliki jumlah kandungan kalsium cukup tinggi. Beberapa jenis sumber makanan tersebut dapat menjadi alternatif pilihan bagi buah hati anda terutama yang memiliki intoleransi laktosa atau alergi terhadap susu dan produk olahannya, namun tetap ingin mendapatkan nutrisi kalsium untuk tumbuh kembangnya.

Berikut merupakan jenis sumber bahan makanan yang memiliki nilai kandungan kalsium tinggi, seperti:

  1. Susu
  2. Keju
  3. Yoghurt
  4. Tahu. Bisa menjadi pilihan untuk kekuatan gigi.
  5. Ikan. Beberapa jenis seperti ikan sarden dan ikan salmon memiliki kandungan kalsiumtinggi
  6. Kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan banyak mengandung protein, serat vitamin,serta mineral. Kacang Almond, kacang kedelai merupakan jenis kacang yang tingginutrisi kalsium
  7. Sayuran hijau seperti kale, bayam
  8. Gandum. Cereal seperti corn flakes, roti
  9. Susu kedelai

Beberapa jenis makanan di atas baik untuk dikonsumsi, terutama bagi buah hati anda karena sedang mengalami masa tumbuh kembang. Namun apakah mereka masih bisa mengonsumsi jenis makanan kudapan yang manis atau ​snack ​yang terkadang memiliki kadar gula tinggi dan sangat berpotensi menjadi karies pada gigi? Tentu saja sebagai variasi konsumsi menu makan si kecil; snack, kudapan manis, boleh diberikan namun tetap harus memperhatikan batasan pemberian makanan tersebut.

Hal lain yang perlu diingat adalah selalu mengonsumsi air putih setiap hari, khususnya setelah mengonsumsi makanan manis. Tujuannya adalah agar tubuh anak terhindar dari dehidrasi dan menghindari sisa makanan tidak terlalu lama melekat pada permukaan gigi yang berpotensi membuat lubang pada gigi anak anda.

Sumber :

https://www.mouthhealthy.org/en/nutrition/food-tips/8-non-dairy-calcium-rich-foods-for-your-teeth

274total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *