oleh drg. Cynthia Michelle Anggraini, Sp.KGA

Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak

 

Hai Ayah dan Ibu Kejora..

Salah satu keterampilan yang wajib dimiliki setiap anak adalah menyikat gigi sendiri. Apakah Ayah dan Ibu pernah mengalami kesulitan saat menyuruh anak untuk menyikat giginya? Kira-kira bagaimana caranya ya agar anak dapat melakukan kegiatan ini dengan senang hati? 

Membantu anak Anda agar dapat menyikat giginya sendiri memang bukanlah hal yang mudah, namun sedikit kreativitas dari orangtua nantinya sangat membantu dalam pemeliharaan kesehatan gigi anak untuk jangka panjang. Beberapa contoh kreativitas yang dapat dilakukan adalah:

  1. Ciptakan 2 menit yang menyenangkan

    Hindari hanya sekedar menyalakan penghitung waktu (timer) selama 2 menit dalam 2 kali sehari dan mengawasi anak saat menyikat gigi. Putarlah lagu kesayangan anak dan menarilah bersama anak Anda selama durasi menyikat gigi berlangsung. Selain lagu kesayangan, video kartun lucu atau aplikasi tentang sikat gigi juga dapat membuat waktu berlalu dengan cepat. Coba bacakan cerita apapun yang berdurasi 2 menit dengan menggunakan segala suara terbaik Anda. Anda juga dapat memberikan sikat sendiri pada anak Anda untuk bermain, biarkan ia menyikat boneka karakter kesayangannya sembari Anda menyikatkan giginya. Apapun caranya, buatlah sekreatif mungkin sehingga kegiatan menyikat gigi dapat selalu terasa menyenangkan.

  2. Mulailah kebiasaan dan tanamkan sikap disiplin

    Sebagai orangtua, mungkin Anda tergoda untuk membiarkan anak melewatkan kegiatan menyikat gigi setelah seharian beraktivitas atau saat sedang berlibur bersama. Namun, tetaplah konsisten terhadap kebiasaan yang telah terbentuk. Semakin sering kegiatan menyikat gigi dilakukan secara natural / alami, maka akan lebih mudah untuk memastikan bahwa nantinya anak Anda akan tetap melakukan kegiatan ini selama 2 menit dalam 2 kali sehari.

  3. Beri pujian atau hadiah kecil terhadap kebiasaan menyikat gigi yang baik

    Tidak perlu memberikan hadiah yang berlebihan, namun hal-hal kecil yang sekiranya dapat menambah motivasi sudahlah cukup. Apa yang memotivasi anak Anda? Bila stiker, maka buatlah tabel reward dan biarkan anak Anda menambahkan 1 stiker setiap ia menyikat gigi. Bila anak Anda suka membaca, maka biarkan ia memilih sendiri cerita pengantar tidurnya. Atau mungkin juga pujian dapat sangat sederhana, yaitu berupa ajakan untuk melihat gigi anak yang telah bersih sambil berkata “Wah, Ibu bangga padamu”, yang diikuti dengan pelukan atau tepukan hangat.

  4. Karakter kesukaan anak dapat berpengaruh

    Siapakah karakter cerita atau kartun yang sangat disukai oleh anak Anda? Banyak sekali buku anak-anak serta pertunjukan seperti Sesame Street yang memiliki cerita tentang menyikat gigi. Tonton dan bacalah cerita tersebut bersama dengan anak Anda. Pada saat waktu menyikat gigi tiba, Anda dapat menggunakan karakter tersebut sebagai contoh yang baik.

  5. Karanglah cerita

    Apabila Anda menemukan kesulitan cerita atau karakter yang dapat menginspirasi anak Anda, maka karanglah sendiri. Anak Anda bisa saja menjadi satu-satunya superhero yang dapat menyikat dan membasmi kuman-kuman (penjahat) penyebab gigi berlubang.

  6. Biarkan anak memilih

    Biarkan anak Anda memilih sendiri sikat dan pasta gigi yang mereka sukai. Memilih sikat gigi dengan karakter tertentu dapat membuat kegiatan sikat gigi lebih menyenangkan. Selain itu, pasta gigi yang mengandung fluoride juga tersedia dalam berbagai macam warna maupun rasa.

  7. Buat kegiatan menyikat gigi menjadi suatu kegiatan wajib seluruh keluarga

    Anak-anak mencontoh dari orangtuanya, maka jadilah teladan yang baik. Orangtua harus dapat membantu anaknya dalam menggunakan sikat gigi serta dental floss dengan baik dan benar untuk membersihkan seluruh area gigi-geligi dari debris dan plak sedari usia muda.

Editor : drg. Sita Rose Nandiasa

 

Sumber:

  • https://www.mouthhealthy.org/en/babies-and-kids/fun-ways-to-encourage-kids-to-brush
  • https://www.healthhub.sg/live-healthy/1102/6-tips-to-make-brushing-teeth-fun-for-kids
  • https://www.colgate.com/en-us/oral-health/basics/brushing-and-flossing/simple-ways-to-make-brushing-teeth-fun-1013
  • https://www.exceptionaldentistryca.com/7-ways-to-make-brushing-teeth-fun-for-your-child/

360total visits,4visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *