oleh Anita Carolina, S.Psi, M.Psi.

Psikolog

 

Hallo Keluarga Sehat Kejora Indonesia!
Bulan Februari merupakan bulan penuh kasih sayang karena kita merayakan Valentine. Valentine adalah momen yang berkesan bagi para pasangan kekasih untuk saling mengungkapkan cinta. Ayah dan Bunda juga bisa ikut merayakan hari kasih sayang ini bersama keluarga.

Ayah dan Bunda bisa mengungkapkan kasih sayang kita bagi si kecil dengan berbagai cara. Dr. Gary Chapman dalam bukunya, The 5 Love Languages merumuskan 5 bahasa kasih. Dengan memberikan anak bahasa kasih, anak akan merasa dicintai oleh orangtuanya. Seperti tangki, kasih sayang kita pada anak perlu terus diisi sehingga kebutuhan anak kita akan kasih sayang dapat terpenuhi. Yuk Kenali 5 bahasa kasih yang bisa Ayah dan Bunda berikan dan ajarkan bagi si kecil!

5 Bahasa Kasih (5 Love Languages):
1. Touch (Sentuhan Fisik)
Sentuhan fisik merupakan bahasa cinta yang paling mudah diterapkan oleh Ayah dan Bunda dan akan langsung dirasakan oleh si kecil. Contoh sentuhan fisik kepada anak: memberi pelukan hangat, ciuman, usapan, belaian lembut di rambut dan punggung, tepukan ringan di punggung / lengan, dan bergandengan tangan.

2. Word of Affirmation (Kata-kata Cinta)
Word of affirmation merupakan cara penyampaian kasih melalui kata-kata positif dan dipenuhi kasih sayang kepada anak. Kata-kata yang positif dalam membuat self-esteem anak meningkat. Jangan lupa, untuk memberikan kata-kata cinta dengan nada dan suara yang lembut ya, Ayah dan Bunda. Contoh word affirmation yang bisa diberikan pada si kecil:
• Kata-kata penuh kasih: “Mama sayang kamu”; “Papa peduli padamu”
• Kata-kata yang memotivasi anak: “Ayah dan Bunda bangga padamu”; “Ayah yakin kamu pasti bisa”
• Kata-kata pujian:“Wah kamu pintar!”

3. Quality Time (Waktu Berkualitas)
Waktu berkualitas adalah waktu kebersamaan dimana Ayah dan Bunda memperhatikan si kecil secara penuh. Sesibuk apa pun Ayah dan Bunda, jangan lupa untuk memberikan waktu berkualitas bagi si kecil supaya si kecil merasa bahwa kita ada untuk mereka. Contoh quality time bersama si kecil: makan bersama anak, belajar bersama, bermain bersama, berbincang dan bercerita bersama anak.

4. Gift (Hadiah)
Gift merupakan bahasa kasih dengan memberikan hadiah sebagai ungkapan kasih sayang Ayah dan Bunda untuk si kecil. Ketika memberikan hadiah bagi si kecil, berikut tips yang bisa Ayah dan Bunda lakukan:
• Memberi barang yang dibutuhkan anak
• Memberi barang hasil karya sendiri, misalnya membuatkan anak mainan
•Yang penting bukanlah seberapa mahal hadiah yang diberikan. Tapi, seberapa tulus pemberian hadiah tersebut.

5. Act of Service (Tindakan Membantu / Melayani)
Act of service adalah bentuk bahasa kasih di mana Ayah dan Bunda menunjukkan sikap melayani si kecil dengan penuh kasih sayang, dengan sukarela bukan karena keterpaksaan. Ketika Ayah dan Bunda menunjukkan sikap mau membantu dan melayani si kecil, anak akan belajar juga melayani dan membantu orang lain. Selain itu, dengan membantu si kecil mengerjakan sesuatu, mereka akan makin percaya kepada Ayah dan Bunda, sehingga ikatan erat antara Ayah dan Bunda dengan si kecil semakin erat. Ayah dan Bunda bisa membantu si kecil melakukan hal yang belum bisa ia lakukan sendiri atau membantu si kecil ketika menghadapi kesulitan. Contoh act of service: memasak / membuat sarapan untuk si kecil, membantu si kecil mengerjakan tugas yang sulit.

Bagaimana Menerapkan Bahasa Kasih bagi si kecil?
Ayah dan Bunda bisa gunakan rumus sederhana 2T + 2K untuk menerapkan kelima bahasa kasih bagi si kecil:

1. TANPA Syarat: Berikan 5 bahasa kasih Ayah dan Bunda pada si kecil dengan memberikan Kasih Tanpa Syarat. Tunjukkan bahwa Ayah dan Bunda mengasihi si kecil dengan tulus.

2. TIDAK Takut Salah: Menjadi orangtua merupakan proses belajar terus-menerus. Ayah dan Bunda perlu tidak takut ketika masih ada kesalahan / hal yang kurang tepat yang kita lakukan dalam menunjukkan kasih sayang kita pada si kecil. Yang terpenting, Ayah dan Bunda terus-menerus mau belajar dalam memberikan kasih sayang bagi si kecil!

3. KENALI Bahasa Kasih Si Kecil: Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan si kecil, biasanya ada satu hingga dua bentuk bahasa kasih yang menonjol pada anak. Ayah dan Bunda perlu tahu bahasa kasih yang cocok dengan si kecil, supaya si kecil merasa disayangi oleh kita.

4. KONSISTEN: Berikan kelima bahasa kasih tersebut secara konsisten supaya si kecil mengenal berbagai bentuk kasih sayang dan cara mengungkapkan kasih sayang.

Ketika si kecil merasa dicintai dengan utuh dan penuh, mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan lebih sehat secara sosioemosional!

Selamat merayakan rasa kasih sayang bersama keluarga tercinta, ya Ayah dan Bunda!

Editor: drg. Sita Rose Nandiasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *