oleh dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik

 

Libur telah tiba! Libur telah tiba!

Halo, Ayah dan Ibu Kejora!

Sebentar lagi kita akan memasuki masa liburan, ya? Liburan kali ini akan terasa lebih panjang karena libur Hari Raya Idul Fitri akan dilanjutkan dengan libur kenaikan kelas. Nah, apakah keluarga Kejora sudah punya rencana liburan?

Agar keluarga Kejora bisa menikmati liburan dengan menyenangkan, kita harus pandai menjaga kesehatan supaya keluarga terhindar dari segala penyakit ataupun gangguan kesehatan lainnya. Salah satu yang bisa membuat kita tetap sehat dan berenergi adalah dengan mengonsumsi makanan dengan gizi yang sesuai. Namun seringkali liburan menjadi kendala buat kita untuk tetap makan sehat karena jadwal perjalanan yang padat membuat kita harus menunda waktu makan, terbatasnya pilihan makanan sehat, hingga keinginan mencicipi berbagai makanan lokal yang enak-enak, tapi belum tentu nutrisinya sesuai. Nah, agar kita tetap bisa menjaga asupan sehat selama liburan, simak tips berikut ya keluarga Kejora!

Sebelum memulai perjalanan liburan, baik dengan menggunakan kendaraan sendiri atau alat transportasi lain seperti pesawat, kereta api, bahkan kapal laut, maka ada hal sederhana yang bisa kita siapkan. Pertama, pastinya Ayah dan Ibu bisa membuat jadwal perjalanan liburan serta melakukan riset kecil-kecilan untuk kemungkinan rumah makan yang bisa didatangi dan menu apa saja yang bisa dipilih. Kedua, ajak si kecil untuk turut menyiapkan bekal makanan ringan apa yang ingin dibawa dengan Ayah dan Ibu ikut mengarahkan pilihan yang sehat dan bisa memberikan energi cukup untuk keluarga. Contoh makanan ringan yang bisa dibawa saat berlibur, misalnya buah segar yang tidak mudah busuk (anggur, jeruk, pisang yang kulitnya masih utuh) atau buah kering, popcorn, kacang-kacangan, roti isi selai kacang atau isi daging/ayam, susu kotak/yogurt, atau crackers gandum. Nah, susun makanan dan minuman ringan tersebut dalam satu tas kecil yang mudah dibawa dan mudah untuk diakses ketika sedang berada dalam perjalanan. Maskapai penerbangan biasanya memperbolehkan untuk membawa makanan anak-anak ke dalam kabin.

Ketika sudah dalam perjalanan liburan, tetap terapkan jadwal makan yang teratur agar asupan nutrisi tetap terjaga. Ingatkan anggota keluarga untuk beristirahat sejenak sesuai dengan jadwal makan ataupun snacking. Bila keluarga Kejora bepergian dengan mobil dan si kecil masih memiliki risiko tersedak, maka sebaiknya mobil berhenti sebentar dan keluarga bisa makan di rest area dengan lebih aman.
Selain menjaga asupan makanan, jangan lupa juga untuk selalu mengingatkan anak-anak untuk minum, karena biasanya ketika mereka asik bermain atau berada dalam perjalanan panjang kebutuhan minum menjadi terabaikan. Anak di bawah 10 tahun membutuhkan air sekitar 1200 – 1900 mL setiap hari. Sediakan dalam botol minum favoritnya agar anak semangat untuk minum dan terhindar dari dehidrasi. Ajak anak untuk tetap aktif dan menikmati liburan karena hal tersebut juga menjadi kunci untuk bisa istirahat dengan cukup di malam hari.

Selamat berlibur, Keluarga Kejora!

Sumber:

Academy of Nutrition and Dietetics
Academy of Culinary Nutrition

127total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *