oleh dr. Sunita

Dokter Umum

Halo, Ayah dan Ibu! Tahukah Anda bahwa ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengaturan tidur bagi bayi baru lahir? Bolehkah bayi baru lahir tidur di tempat tidur yang sama dengan orang tuanya? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut ada di artikel berikut ini. Yuk, kita simak.

Pada bayi baru lahir, posisi tidur yang benar perlu diperhatikan. Hal ini terutama dilakukan untuk mencegah kejadian sudden infant death syndrome (SIDS). SIDS adalah kejadian meninggal mendadak tanpa sebab yang jelas pada bayi. SIDS biasanya terjadi pada bayi di bawah 6 bulan. Bayi dengan riwayat kelahiran prematur atau bayi dengan berat lahir rendah (< 2,5 kg) memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami SIDS dibandingkan dengan bayi yang lahir cukup bulan dengan berat badan yang baik.

Selain mencegah SIDS, posisi tidur yang benar untuk bayi perlu diatur untuk mencegah kejadian kematian bayi yang berhubungan dengan posisi atau cara tidur (misalnya, terbekap, cedera). Mengenai lingkungan tidur untuk bayi, American Academy of Pediatrics (AAP) merekemondasikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Posisikan bayi tidur terlentang sampai usianya kurang lebih 1 tahun. Tidur dalam posisi tengkurap atau menyamping tidak disarankan karena posisi ini dinilai kurang aman bagi bayi. Usia 1 tahun menjadi batasan karena di usia tersebut bayi sudah dapat berubah posisi dari tengkurap ke terlentang atau sebaliknya dengan mudah.
  • Alas tidur bayi sebaiknya menggunakan kasur yang padat dan dilapisi kain yang ukurannya sesuai dengan kasur. Penggunaan bantal dan guling atau meletakkan boneka atau benda lunak lainnya tidak disarankan hal-hal tersebut meningkatkan risiko bayi terbekap saat tidur.
  • Tidak menyelimuti bayi dengan selimut yang tebal atau berlapis-lapis. Selimut hanya boleh diposisikan tidak lebih tinggi dari bahu. Selain itu, pastikan juga suhu ruangan tidak terlalu panas untuk bayi karena dapat menyebabkan bayi menjadi gelisah.
  • Posisikan bayi di tempat tidur dengan kaki bayi menyentuh ujung tempat tidurnya.
  • Tidak disarankan untuk menidurkan bayi di tempat tidur yang sama dengan Ayah dan Ibu, terutama jika Ayah atau Ibu adalah perokok atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat menimbulkan rasa kantuk yang berlebihan.

Semoga informasi di atas dapat membantu Ayah dan Ibu untuk menghindari bayi dari risiko SIDS!

Sumber:

https://www.nhs.uk/conditions/sudden-infant-death-syndrome-sids/

https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/reducing-risk-cot-death/

http://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/bolehkah-bayi-tidur-tengkurap-di-rumah

https://www.aap.org/en-us/about-the-aap/aap-press-room/Pages/American-Academy-of-Pediatrics-Announces-New-Safe-Sleep-Recommendations-to-Protect-Against-SIDS.aspx

473total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *