oleh dr. Selly Christina Anggoro, SpKFR

Dokter Spesialis Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi

 

Halo Keluarga Kejora!

Ayah dan Ibu Kejora pastinya sudah tahu akan tingginya tuntutan kurikulum dan jam sekolah yang panjang saat ini telah menuntut anak sekolah untuk mempersenjatai diri dengan berbagai benda yang harus dibawa setiap hari di dalam tasnya. Seperti contohnya adalah buku-buku, pakaian olahraga, bekal makanan dan minuman, tugas-tugas ketrampilan, bahkan laptop atau tablet. Barang tersebut sudah menjadi hal umum yang ditemukan di dalam tas seorang anak sekolah.

Lantas, tas seperti apakah yang sebaiknya dipilih untuk anak? Ayah dan Ibu Kejora, mari kita simak ulasannya..

 

Seperti apakah kriteria tas yang baik?

Pemilihan tas ransel dengan dua tali bahu tentunya lebih baik ketimbang tas sandang/tas selempang. Karena pada tas sandang/tas selempang seluruh beban tas tersebut akan dipikul pada satu bahu saja, sedangkan pada tas ransel dengan dua tali bahu, beban akan didistribusikan secara lebih merata pada tulang belakang anak. Beberapa artikel kesehatan dan penelitian menunjukkan tas sekolah yang terlalu berat dapat menimbulkan risiko timbulnya berbagai keluhan medis pada tubuh pemikulnya terutama pada anak-anak. Bentuk keluhan yang terjadi dapat berupa kaku otot dan leher, kemiringan pada tulang belakang,1 maupun nyeri pada punggung (back pain).2

 

Berapakah berat tas yang diperbolehkan?

Belum ada batasan yang mutlak dan pasti mengenai standard berat tas yang diperbolehkan. Gabungan dari studi dan artikel-artikel yang ada selama ini menunjukkan variasi berat maksimal tas yang diperbolehkan berkisar antara 5-20% berat badan anak pada penggunaan tas ransel.3 Sementara pada penggunaan tas dengan satu tali berat yang diperbolehkan hanya setengahnya saja.1

 

Bagaimanakah cara memilih dan menggunakan tas yang baik?

Berikut adalah rekomendasi dari American Chiropractic Association mengenai pemilihan dan penggunaan tas ransel yang baik untuk anak dan dapat dianjurkan ke orang tua.4

  1. Bantulah anak untuk mengemas tasnya setiap hari, dan pastikan mereka tidak membawa beban lebih dari 5-10% berat badannya. Sebagai contoh apabila berat anak 20 kg, maka beban yang dibawa di dalam tas ransel mereka sebaiknya tidak melebihi 2 kg.
  2. Pilihlah ransel yang ukurannya sesuai. Ransel berukuran besar akan memungkinkan anak membawa beban yang lebih banyak dari yang ia mampu, dan ini memerlukan kehati-hatian dari orangtua.
  3. Panjang dan lebar ransel sebaiknya tidak melebihi batang tubuh (dada dan perut) anak dan tidak menggantung lebih dari 10 cm di bawah garis pinggang. Bila menggantung terlalu berat maka akan meningkatkan beban di pundak.
  4. Pilih ransel yang tali bahunya memiliki bantalan lebar di pundak dan dapat diatur panjang dan kekencangannya. Ransel yang menggantung dengan tidak pas dapat menyebabkan posisi tulang belakang menjadi tidak lurus dan menimbulkan rasa nyeri.
  5. Ransel dengan bantalan punggung akan lebih nyaman dipakai dan melindungi punggung anak dari benda-benda tajam seperti ujung pensil / pulpen, tepian buku dan penggaris.
  6. Gunakan tali pinggang yang ada pada ransel agar berat beban bisa didistribusikan secara merata tidak hanya ke bahu dan punggung tapi juga ke seluruh batang tubuh dan pinggul.
  7. Ransel dengan kompartemen khusus dapat membantu memposisikan benda-benda di dalamnya secara lebih efektif, pastikan benda yang berat dimasukkan ke dalam kompartemen yang paling dekat dengan tubuh.
  8. Bila mungkin, tanyakan kepada guru sekolah anak, apakah dapat meninggalkan buku atau benda yang cukup berat di sekolah saja, dan hanya membawa pulang benda-benda yang penting saja.
  9. Selalu ingatkan anak untuk menggunakan kedua tali bahu secara benar dan tanyakan pada anak secara berkala apakah ada rasa nyeri akibat membawa tas mereka. Dan bila ada nyeri yang terus berlangsung segera hubungi dokter untuk berkonsultasi.

Editor : drg. Sita Rose Nandiasa

Referensi:

  1. Hong Y, Fong DT, Li JX. 4. The effect of school bag design and load on spinal posture during stair use by children [abstract]. Ergonomics. 2011 Dec;54(12):1207-13.
  2. Oviedo PR, Ravina AR, Rios MP, et all. School children’s backpacks, back pain and back pathologies. Archives of Diseases in Childhood. 2012;97:730-732.
  3. Dockrell S, Simms C, Blake C. Schoolbag weight limit: can it be defined?[Abstract]. Journal of School Health. 2013 May;83(5):368-77.
  4. American Chiropractic Association. Backpack Safety Tips. Diunduh dari https://www.acatoday.org/Patients/Health-Wellness-Information/Backpack-Safety

290total visits,6visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *