oleh dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik

Halo, Ayah dan Ibu Kejora!

Tanpa terasa sebentar lagi si Kecil akan mulai makan ya? Nah, sebelum Ayah dan Ibu Kejora memutuskan untuk membeli segala perlengkapan MP-ASI, mari kita buat list-nya dulu ya supaya lebih efektif dan bisa mempersiapkan anggaran yang sesuai.

  1. Alat makan bayi

Alat makan menjadi salah satu yang menjadi perhatian utama, karena warna dan bentuknya yang lucu-lucu. Namun ada baiknya Ayah dan Ibu tetap cermat memilih yang aman untuk bayi.

Wadah dari kaca sangat aman untuk digunakan berulang-ulang karena tidak berpori sehingga tidak menjadi tempat persembunyian kuman serta dapat digunakan untuk makanan hangat tanpa kita khawatir akan ada zat kimia yang meluruh ke dalam makanan. Tetapi kekurangannya adalah mudah pecah sehingga kurang tepat digunakan untuk aktivitas makan bersama si Kecil.

Selain wadah kaca, American Academy of Pediatrics juga merekomendasikan wadah dari stainless steel karena tidak ada resiko luruhnya zat kimia ke dalam makanan. Kelebihan lainnya adalah awet serta tentunya tidak bisa pecah dan ringan. Namun pastinya harganya cukup mahal ya.

Nah, wadah serta alat makan dari plastik tentunya adalah yang paling praktis karena ringan, tahan lama, serta tidak mudah pecah tentunya. Akan tetapi, Ayah dan Ibu perlu jeli juga sebelum membeli wadah plastik. Cermati dulu bahwa wadah serta alat makan plastik yang dibeli tidak mengandung bisphoenol-A (BPA). BPA ini menyebabkan gangguan endokrin (hormonal) dan dikaitkan dengan kondisi obesitas serta attention deficit/hyperactivity disorder.

  1. Talenan

Idealnya Ayah dan Ibu memiliki dua talenan, yaitu satu untuk daging, ikan, ayam, maupun makanan laut, dan satu lagi untuk produk buah dan sayur segar. Bila tidak tersedia dua talenan, maka gunakan dulu untuk memotong buah dan sayur, baru kemudian untuk produk daging, ikan, ayam dan lain-lain.

Nah, bahan apakah yang ideal untuk talenan? Sebenarnya Ayah dan Ibu bisa memilih bahan apapun seperti akrilik, marble, plastik, ataupun kayu solid asalkan pada saat penggunaan bisa memisahkan 2 jenis bahan tadi, jadi pilihlah yang terjangkau dan sebisa mungkin keduanya memiliki warna berbeda agar mudah diingat.

  1. Saringan kawat stainless steel.

Saringan ini bisa menjadi alternatif alat yang ekonomis namun efektif  dalam membuat bubur lumat pada tahap awal MPASI. Semakin kecil ukuran lubang saringan maka hasil bubur akan semakin lembut.

  1. Blender

Alat ini akan sangat mempermudah dalam menghaluskan makanan setelah dimasak dan menggantikan fungsi saringan kawat. Meskipun banyak pihak yang berpendapat bahwa panas yang dihasilkan oleh putaran blender dapat merusak nutrisi yang ada dalam makanan, tetapi hal ini belum ada yang membuktikannya secara ilmiah.

  1. Panci masak.

Panci ini tentunya akan digunakan untuk memasak seluruh bahan makanan sebelum akhirnya nanti disaring dengan saringan kawat atau menggunakan blender. Proses memasak bubur sebenarnya adalah proses merebus yang rata-rata menggunakan suhu 97-100⁰C. Tentunya proses memasak akan menghilangkan sebagian nutrisi terutama vitamin C yang paling tidak stabil terhadap panas. Dalam suatu penelitian didapatkan bahwa ketika kita merebus sayuran selama 5 me

nit maka kandungan vitamin C akan turun sekitar 10-17% dan penurunan ini akan semakin besar dengan semakin lamanya waktu memasak. Oleh sebab itu saat memasak, Ayah dan Ibu sebaiknya memasukkan sayuran di akhir memasak dengan waktu yang tidak terlalu lama ya!

  1. Slow cooker

Alat ini dianggap cukup praktis karena Ayah dan Ibu dapat memasukkan seluruh bahan ke dalam alat dan bisa ditinggal untuk melakukan aktivitas lain tanpa harus bolak balik melihat apakah makanan sudah matang atau belum. Slow cooker dinilai aman karena akan memasak makanan dalam suhu yang rendah sekitar 75 hingga 140 derajat dalam waktu yang lama dan sangat efektif untuk membuat daging menjadi empuk yang kadang-kadang memasak MPASI dengan menu daging ini menjadi tantangan tersendiri pada saat periode awal MPASI.

Nah, sekarang Ayah dan Ibu sudah memiliki list lengkap untuk mempersiapkan perlengkapan MP-ASI dan Ayah dan Ibu dapat menyesuaikan dengan anggaran yang diinginkan. Selamat memulai MP-ASI untuk si Kecil!

Editor: drg. Rizki Amalia

Sumber:

  1. Food Additives and Child Health. American Academy of Pediatrics. 2018.
  2. Safe Food Handling. US Food and Drug Administration. 2017.
  3. Cutting Board Safety. Academy of Nutrition and Dietetics. 2020.
  4. Effect of Heating on Vitamin C Content of Some Selected Vegetables. International Journal of Scientific and Technology Research. 2013
  5. Cook Slow to Save Time: Four Important Slow Cooker Food Safety Tips. USDA. 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *