oleh dr. Yulianto Santoso Kurniawan, Sp.A

Dokter Spesialis Anak

Halo Ayah dan Ibu Kejora…

Saat musim hujan seperti sekarang ini, seringkali angka kejadian sakit meningkat. Sakit yang tersering adalah batuk, pilek, demam (common cold), diare dan muntah (gastroenteritis).  Kedua penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus, yang dapat menular dengan cepat di antara anak dengan temannya, atau anak kepada orang tua, atau orangtua kepada anak. Hal ini menyebabkan si kecil sembuh dan kemudian sakit kembali tidak lama setelah episode sakit sebelumnya. karena ping-pong dengan orangtua atau teman di sekolah.

Kemudian timbul pertanyaan, bagaimana kita bisa mencegah anak jatuh sakit? Secara umum, anak dapat menderita sakit akibat infeksi bakteri, virus, jamur atau parasit. Masing-masing penyakit memiliki cara penularan tersendiri. Saat patogen (bakteri/virus/jamur/parasit) masuk ke dalam tubuh kita,maka kita akan berisiko untuk jatuh sakit. Namun, jatuh sakit atau tidaknya seseorang bergantung pada sifat patogen yang masuk dan daya tahan tubuh orang tersebut.

Kebersihan pribadi

Mencuci tangan merupakan kebiasaan menjaga kebersihan pribadi yang memiliki peran penting dalam mencegah penyakit. Cuci tangan perlu dilakukan setelah keluar dari kamar mandi, sebelum makan atau menyiapkan makanan akan menghilangkan patogen. Cuci tangan juga sebaiknya dilakukan setelah bersin, batuk, merawat orang sakit, atau memberi makan binatang peliharaan. Bila terdapat kotoran maka cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Selain mencuci tangan, beberapa hal berikut juga dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan diri:

  • Tutup mulut dan hidung saat batuk. Etika batuk yang baik adalah dengan menutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin, bisa dengan tissue, atau punggung tangan

Sumber: https://www.cdc.gov/flu/professionals/infectioncontrol/resphygiene.htm

  • Tutup luka terbuka di kulit, untuk mencegah patogen masuk ke dalam tubuh kita
  • Jangan mengorek luka yang akan sembuh atau memencet bisul
  • Jangan berbagi alat makan
  • Jangan berkontak dengan tisu, sapu tangan, atau serbet yang digunakan orang lain

Vaksinasi

Vaksinasi akan memberikan tubuh kekebalan yang dapat melindungi kita dari sakit. Pastikan vaksinasi Anda dan anak Anda diberikan sesuai jadwal dan terus diperbaharui. Saat akan ke luar negeri, maka pastikan rekomendasi vaksin di negara tujuan. Jika anda memiliki binatang peliharaan maka pastikan binatang peliharaan anda juga telah divaksin.

Hindari penularan

Yang tidak kalah pentingnya dalam mencegah sakit adalah menghindari penularannya. Saat Anda sakit, maka Anda perlu menggunakan masker, dengan tujuan mencegah penularan kepada orang lain.

Saat anda berada di keramaian, maka jauhilah orang yang tampak sakit. Anda tidak perlu pergi ke tempat ramai bila tidak diperlukan.

Cuci tangan setelah anda bersalaman dengan orang lain, berkontak dengan permukaan yang mungkin dipegang banyak orang. Hindari menyentuh mata, hidung atau mulut dengan menggunakan tangan yang berkontak dengan orang lain dan atau lingkungan sebelum melakukan cuci tangan atau kebersihan tangan dengan cairan pembersih tangan. Gunakan cairan pembersih tangan yang minimal mengandung 60% alcohol.

Sumber: https://www.who.int/gpsc/5may/How_To_HandRub_Poster.pdf

Editor: dr. Sunita
Sumber:
https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-prevent-infections
https://www.cdc.gov/handwashing/when-how-handwashing.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *