oleh Marcelina Melisa, M.Psi

Psikolog Anak

Halo, Keluarga Sehat Kejora! Bulan Ramadan ini tentunya menjadi bulan yang special, ya, untuk kita dan keluarga, termasuk si Kecil. Setelah berpuasa selama satu bulan, tentunya ada momen lebaran yang kita rayakan. Bagi keluarga yang ingin menikmati liburan di rumah atau bepergian di dalam kota, tentunya merupakan pilihan yang menyenangkan. Namun, bagi keluarga yang merencanakan untuk pergi mudik ke kampung halaman, sebaiknya memperhatikan beberapa hal agar anak merasa nyaman selama perjalanan.

Pertama, beri tahu sebelumnya bahwa keluarga akan menempuh perjalanan mudik. Pemberitahuan meliputi: kota tujuan, berapa lama waktu perjalanan, alat transportasi apa yang akan digunakan, dan aktivitas apa saja yang dapat dilakukan di kota tujuan. Orangtua dapat menunjukkan destinasi menarik yang dapat dikunjungi di kota tujuan, melalui diskusi bersama dengan Si Kecil apabila ia memiliki preferensi tempat untuk dikunjungi. Destinasi wisata yang bersifat edukatif juga akan memberi manfaat positif untuk anak, yaitu menambah pengetahuannya. Ceritakan juga perkiraan waktu tempuh perjalanan. Hal ini untuk mengantisipasi si Kecil yang kaget karena berpikir bahwa perjalanan lebih singkat dari seharusnya. Perhitungkan pula arus lalu lintas yang lebih padat pada hari raya ini dibandingkan hari biasa. Setelah itu, orangtua dapat menunjukkan gambar atau memberitahu alat transportasi yang akan digunakan untuk menempuh perjalanan. Orang tua juga bisa menceritakan berbagai kisah menarik yang memiliki latar belakang alat transportasi tersebut. Misalnya: menggunakan tokoh kartun Tayo jika menggunakan bus, atau tokoh di film Plane jika menggunakan pesawat.

Kedua, mempersiapkan perlengkapan anak. Baik perlengkapan yang digunakan untuk keseharian (seperti baju, makanan, dan lain-lain), maupun yang dapat membuat Si Kecil merasa lebih nyaman. Misalnya mainan favorit atau boneka kesukaannya. Si Kecil juga dapat memilih sendiri makanan ringan yang akan dibawa untuk dikonsumsi selama di perjalanan. Selain itu, jangan lupa mempersiapkan obat-obatan dan barang personal lain yang dibutuhkan. Aktivitas mempersiapkan kebutuhan anak ini baik jika dilakukan bersama, karena akan melatih anak untuk menyiapkan barangnya sendiri.

Ketiga, memahami karakter anak saat berinteraksi dengan banyak orang dengan berbagai macam latar belakang. Saat lebaran merupakan saat bersilaturahmi, yang berarti anak akan banyak berinteraksi dengan anggota keluarga, teman Ayah dan Ibu, tetangga, maupun orang-orang yang baru ditemuinya. Saat berkumpul misalnya, anak akan selalu diminta untuk memperkenalkan diri, bermain bersama anak sebayanya, menjawab pertanyaan dari orang dewasa lain, dan sebagainya. Akan menjadi masalah jika anak merasa orangtua terlalu memaksa mereka untuk mudah beradaptasi dan berbaur dengan anak lain, sedangkan anak membutuhkan waktu terlebih dahulu untuk masuk ke dalam lingkungan baru. Untuk itu, pahamilah temperamen anak kita. Apakah anak termasuk easy child yang mudah membaur dengan lingkungan baru; ataukah tipe slow to warm up yang biasanya mengobservasi terlebih dahulu keadaan di sekitarnya serta membutuhkan waktu untuk masuk ke lingkungan baru; ataukah tipe difficult child yang proses adaptasinya lambat.

Sekian pembahasan kali ini mengenai beberapa tips agar Si Kecil menikmati liburan saat mudik ke kampung halaman. Semoga berguna ya! Selamat liburan dan pulang ke kampung halaman masing-masing, Keluarga Kejora!

Editor: drg. Valeria Widita Wairooy

180total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *