oleh Amanda Triwulandari, M. Psi.

Psikolog

Halo, Ayah dan Ibu Kejora!

Sudahkah Ayah dan Ibu mengenali LOVE LANGUANGE anak anda? Kira-kira kenapa, ya, mengenali LOVE LANGUAGE anak anda menjadi penting? Menurut Ayah dan Ibu, apakah dasar dari hubungan dalam keluarga? Jawabannya tentu adalah cinta. Apabila diingat, maka tentunya rasa cinta atau sayang menjadi awalan untuk membina hubungan dengan pasangan untuk kemudian menikah dan akhirnya memiliki buah hati. Rasa cinta atau sayang ini pun akan tercermin dengan berbagai perilaku kita dalam hubungan di keluarga, termasuk saat mengasuh si kecil.

Permasalahannya, kehidupan berkeluarga tentu bukanlah hal yang mudah, apalagi persoalan mengurus si kecil. Berbagai tantangan atau kesulitan mungkin akan dialami selama merawat si buah hati. Dalam mengasuh si kecil, kita perlu memberikan cinta kepada anak-anak kita, namun pertanyannya adalah, “Apakah kita mengetahui jenis/cara mengungkapkan rasa sayang yang lebih disukai si kecil?”. Kita perlu mengenali Primary Love language si kecil agar ia dapat betul-betul merasakan kasih sayang yang kita berikan.

Jenis-jenis LOVE LANGUAGE

Berikut ini adalah jenis-jenis Love language pada anak:

  1. Physical Touch

Physical touch merupakan sentuhan fisik. Sentuhan merupakan love language yang paling mudah dan tidak membutuhkan waktu khusus atau spesial. Bila ini merupakan primary love language milik si kecil, maka si kecil akan sangat senang mendapatkan sentuhan dari kita. Misalnya saat kita memeluknya atau bermain kuda-kudaan dengan si kecil.

  1. Words of Affirmation

Words of Affirmation merupakan love language yang dikeluarkan melalui kata-kata, baik secara langsung, maupun tertulis. Jika ini merupakan primary love language si kecil, ia akan sangat merasa berarti. Mengatakan sayang dengan kata-kata ada berbagai jenis, ada perkataan yang bersifat memberikan pujian, ada perkataan yang bertujuan menyatakan perasaan, perkataan yang bersifat menguatkan, dan perkataan yang bersifat memberikan bimbingan.

  1. Gifts

Jenis love language ini mungkin adalah yang paling mudah ditebak maknanya. Gifts merupakan cara untuk menunjukkan kasih sayang melalui memberikan suatu benda kepada anak kita.

  1. Quality Time

Jenis love language ini dapat diberikan dalam bentuk pemberian waktu bersama. Ingatlah bahwa sebaiknya ayah dan ibu tidak berfokus kepada jenis acara atau eventnya, namun sebaiknya ayah dan ibu betul-betul meluangkan waktu dan betul-betul hadir bagi si kecil. Aktivitas sederhana seperti berbaring bersama sebelum tidur dan berbicara menjadi hal yang sungguh berarti bagi si kecil.

  1. Act of Service

Love language yang kelima ini adalah bentuk tanda cinta yang dapat diberikan saat ayah dan ibu melakukan suatu tindakan kepada si kecil. Misalnya memasak bekal kesukaan si kecil, atau membersihkan kamar si kecil pada waktu khusus, dan lainnya.

Tips mengenali LOVE LANGUAGE anak anda

Cara yang paling mudah dalam mengenali primary love language anak kita adalah dengan melakukan pengamatan dengan sabar. Amatilah si kecil ketika ia mengungkapkan perhatiannya kepada Ayah dan Ibu. Bisa jadi si kecil memiliki beberapa cara-cara yang sering sekali ia gunakan. Selain itu, amatilah juga cara si kecil mengungkapkan rasa sayangnya kepada orang lain. Misalnya teman, saudara, atau guru kelasnya. Hal yang terakhir adalah jangan lupa selalu dengarkan keinginan si kecil mengenai bagaimana cara ia ingin diperhatikan atau disayang oleh ayah dan ibu.

Semoga artikel ini membantu Ayah dan Ibu Kejora untuk mengenali love language si kecil dan bisa belajar memberikan kasih sayang dengan tepat untuk si kecil. Selamat mencoba!

Sumber:

Chapman, G. D., & Campbell, R. (1997). The five love languages of children. Chicago: Moody Press.

331total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *