oleh drg. Annisa Sabhrina

Dokter Gigi Umum

Halo ayah dan ibu,

Pernahkah si kecil mengalami sakit gigi khususnya saat mengunyah? Atau anda menyadari ada “daging tumbuh” di bagian tengah permukaan gigi yang berlubang serta mudah berdarah yang menyebabkan rasa kurang nyaman? Mungkin saja si kecil sedang mengalami polip pulpa yang ada di dalam giginya.

Apa itu pulpa polip?

Dalam artikel sebelumnya, dijelaskan bahwa ada 3 lapisan gigi. Lapisan terdalam disebut pulpa yang berisi saraf dan pembuluh darah. Jika lubang sudah mencapai lapisan pulpa maka tubuh akan memberikan reaksi pertahanan berupa polip, yaitu sebuah daging yang muncul di tengah dalam lubang gigi tersebut. Hal yang sering ditemukan apabila seorang anak mengalami pulpa polip pada giginya adalah rasa tidak nyaman karena polip yang tertekan atau tergesek makanan. Gesekan juga dapat menyebabkan polip tersebut mudah berdarah. Pulpa polip banyak terjadi pada gigi geraham susu.

Sumber

Biasanya si kecil menjadi tidak mau makan karena rasa tidak nyaman tersebut. Lalu apa yang sebaiknya dilkukan apabila si kecil mengalami polip pulpa?

Ada dua perawatan yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Perawatan saluran akar, yaitu pembersihan gigi sampai ke lapisan pulpa yang ada di akar gigi kemudian ditambal. Pembersihan ini termasuk menghilangkan polip tersebut dari gigi.
  • Pencabutan gigi, tindakan ini dilakukan bila kerusakan pada gigi susu cukup parah sehingga tidak dapat lagi dilakukan perawatan saluran akar dan penambalan. Dokter akan mendiagnosa gigi tersebut terlebih dulu untuk menentukan rencana perawatan yang tepat.

Jadi, Ayah Ibu Kejora tetap jaga kesehatan gigi anak anda dengan cara rutin menggosok gigi dua kali sehari yaitu pagi hari dan malam sebelum tidur serta kontrol ke dokter gigi secara teratur untuk menghindari adanya gigi berlubang dan kerusakan gigi lainnya.

Salam sehat kejora.

Sumber: https://www.dentalorg.com/pulp-polyp.html

446total visits,4visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *