oleh Marcelina Melisa, M.Psi

Psikolog Anak

Ayah dan ibu, belakangan ini marak kasus pelecehan seksual pada anak. Kejora akan berbagi tips untuk mengajarkan anak cara sederhana untuk lebih waspada terhadap pelecehan seksual pada anak.

  1. Ajari anak untuk mengenali bagian-bagian tubuhnya, termasuk bagian yang tidak boleh disentuh sembarangan orang.
  2. Ajari anak sedari dini untuk dapat buang air kecil dan buang air besar secara mandiri, sehingga hanya anak yang dapat mengakses daerah pribadinya.
  3. Ajarkan pada anak bahwa orang yg boleh menyentuh bagian tubuh pribadi hanyalah dirinya sendiri, orangtua (lebih baik jika sesama jenis) saat membantu membersihkan tubuh saat mandi dan buang air kecil/besar, dan dokter dengan didampingi oleh orangtua.
  4. Ajari anak untuk mengutarakan pada orang lain apabila ia tidak nyaman disentuh di bagian tubuh manapun.
  5. Kenalkan anak pada beberapa figur otoritas, dimana ia dapat menyampaikan keluhan apabila merasa tidak nyaman dengan lingkungan sekitar. Anak juga dapat berteriak dalam keadaan darurat, seperti mengatakan “tolong!”
  6. Biasakan anak untuk bersikap terbuka dan menceritakan berbagai hal pada orangtua. Saat anak bercerita, orangtua berusaha untuk tidak menghakimi dan mengapresiasi usaha anak untuk mau bercerita.

Semoga cara ini dapat membantu ayah dan ibu mengedukasi si kecil.

324total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *