oleh drg. Stella Lesmana, Sp.KGA

Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak

American Academy of Pediatric Dentistry merekomendasikan pemeriksaan gigi anak dimulai sejak gigi pertamanya tumbuh, atau selambat-lambatnya pada ulang tahunnya yang pertama.

“Tapi kan gigi susunya belum lengkap, masa harus periksa ke dokter gigi?”

Ayah dan ibu, ke dokter gigi bukan hanya untuk diperiksa apakah ada gigi yang berlubang. Ayah dan ibu akan diberikan tips cara menjaga kesehatan gigi dan mulut anak, si kecil juga adapat “berkenalan” dengan dunia dokter gigi sejak dini. Jangan salah lho, tak sedikit anak yang di usia 1 tahun juga sudah memiliki gigi berlubang. Oleh karenanya kami menganjurkan untuk membawa anak anda ke dokter gigi agar diperiksa sejak dini. Keuntungannya antara lain:

  1. Membiasakan anak dengan lingkungan dokter gigi sehingga anak tidak takut. Jika datang saat gigi sudah berlubang dan sakit biasanya anak menjadi lebih cemas dan takut.
  2. Terkadang lubang gigi yang masih kecil memang tidak tampak kasat mata dan hanya dapat terdeteksi di dokter gigi dengan peralatan yang ada. Jika terdeteksi sejak dini maka perawatan yang dilakukan juga tentunya lebih cepat selesai.
  3. Ayah dan ibu bisa mendapatkan edukasi yang lengkap dari dokter gigi sehingga jika ada kebiasaan atau cara membersihkan gigi yang salah maka dapat diperbaiki segera.

Kalau ada gigi susu yang lubang apakah perlu ditambal? Nah jawabannya ada di artikel ini.

Jadi tunggu apalagi, yuk ajak anak ke dokter gigi!

190total visits,1visits today

2 thoughts on “Kapan Harus Membawa Anak ke Dokter Gigi?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *