oleh dr. Danny Maesadatu, Sp.OG

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan

Halo Keluarga Kejora! Anda tentu pernah mendengar istilah imunisasi. Namun, tahukah Anda bahwa selain diberikan kepada bayi dan anak-anak, imunisasi juga ada yang perlu diberikan kepada orang dewasa? Lalu, apakah seorang ibu hamil boleh atau perlu mendapat imunisasi? Bagaimana dengan pemberian imunisasi pada ibu menyusui? Mari kita simak jawabannya di pembahasan mengenai imunisasi dalam kehamilan dan masa menyusui berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan imunisasi?

Imunisasi adalah suatu cara dimana seseorang dibuat kebal terhadap sebuah penyakit infeksi yang umumnya dilakukan dengan pemberian vaksin. Vaksin ini akan memicu tubuh seseorang untuk membuat sistem kekebalan sehingga orang tersebut memiliki perlindungan terhadap penyakit infeksi tersebut.

Apakah vaksinasi boleh diberikan kepada ibu hamil dan ibu menyusui? Vaksin apa saja yang boleh diberikan kepada ibu hamil dan ibu menyusui?

Secara umum, vaksin ada dua jenis yaitu vaksin hidup (termasuk vaksin hidup yang dilemahkan) dan tidak hidup. Pada kehamilan, jenis vaksin hidup tidak boleh diberikan karena memiliki risiko infeksi ke janin. Meskipun hingga saat ini tak ada laporan kecacatan dari vaksin hidup yang ada. Jenis vaksin virus dan bakteri yang tidak aktif serta toxoid dapat diberikan pada kehamilan. Untuk ibu menyusui vaksinasi dapat diberikan jika terdapat indikasi pemberiannya, kecuali vaksin Herpes Zoster dan typhoid oral.

Berikut ditampilkan berbagai jenis vaksin dan penggunaannya baik pada kehamilan dan masa menyusui.

Sumber: Diadaptasi dari Castillo, E, Poliquin, V. (2018). No. 357-Immunization in Pregnancy. Journal of Obstetrics and Gynaecology Canada40(4), 478-489.

Dari tabel di atas, terlihat bahwa banyak vaksin yang perlu diberikan pada kehamilan dengan kondisi tertentu (seperti berisiko tinggi mengalami infeksi tertentu, bepergian ke daerah endemik). Oleh karena itu, sebaiknya wanita hamil selalu konsultasikan mengenai rencana perjalanan dan riwayat kesehatan kepada dokter kandungan atau bidan yang merawat agar terhindar dari infeksi selama kehamilan.

Salam sehat Kejora!

Editor: dr. Sunita

Sumber:

www.who.int/topics/immunization/en/

Castillo, E, Poliquin, V. (2018). No. 357-Immunization in Pregnancy. Journal of Obstetrics and Gynaecology Canada40(4), 478-489.

214total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *