oleh drg. Annisa Sabhrina

Dokter Gigi Umum

 

Gigi susu ( deciduous teeth ) yang terdapat pada anak-anak suatu saat akan berganti dengan gigi tetap. Dimulai dari usia 6-7 tahun, gigi dewasa ( permanent teeth ) mulai mengalami fase erupsi. Salah satu tanda waktu erupsi gigi tetap atau yang biasa dikenal dengan waktu pertumbuhan gigi tetap adalah gigi susu menjadi goyang, karena akar gigi susu terdesak oleh gigi dewasa.

 

Gigi susu yang telah goyang karena terdesak oleh gigi dewasa, sebaiknya segera dilakukan pencabutan. Hal ini dilakukan, agar tidak menghalangi gigi dewasa untuk keluar. Tetapi tidak semua anak setuju untuk melakukan hal tersebut, seringkali yang terjadi adalah gigi susu yang sudah goyang masih dipertahankan di dalam mulut karena rasa takut untuk mencabut gigi.

 

Namun, apa yang terjadi bila gigi goyang tiba-tiba ditemukan sudah tidak ada saat bangun di pagi hari, karena tidak sengaja tertelan atau saat makan makanan yang keras sehingga gigi lepas dan tertelan? Apakah ini berbahaya?Karena sering menjadi pertanyaan pada sebagian orang tua yang khawatir, saat melihat gigi goyang anak diketahui tertelan tidak sengaja?

 

Menurut NHS (National Health Service, Hull University Teaching Hospital), pada dasarnya organ tubuh yang tidak sengaja tertelan akan berakhir di sistem pencernaan tanpa meninggalkan rasa sakit, meskipun memiliki bentuk tajam. Tetapi observasi ke dokter merupakan cara terbaik untuk mengetahui kondisi buah hati.

 

Beberapa hal berikut dapat menjadi acuan untuk orang tua, apabila buah hati tidak sengaja menelan giginya :

  1. Mengetahui waktu yang tepat ke dokter

Beberapa objek kecil yang tidak sengaja tertelan akan mudah melewati sistem pencernaan dan keluar bersama sisa makanan. Hal ini disebabkan karena bentuk yang kecil sehingga tidak melakukan hambatan berarti. Namun, bila terjadi hal seperti muntah, batuk berdengung, kesulitan saat menelan atau bernafas, timbul bercak saat BAB, sesak

  1. Cek BAB anak

Dibutuhkan waktu 12-14 jam untuk suatu makanan atau objek asing melewati proses di saluran pencernaan

  1. Mengkonsumsi buah dan sayur

Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses di saluran cerna

  1. Rileks
  2. Minum air putih
  3. Hindari larutan pencahar

Karena proses di saluran pencernaan membutuhkan waktu cukup lama

 

Berikut tips yang bisa dilakukan, untuk menghindari gigi susu goyang dapat lepas tanpa sadar sehingga mencegah resiko gigi tertelan :

  1. Instruksi kepada anak untuk memberi informasi kepada orang tua bila gigi mereka telah goyang
  2. Mengunyah saat makan terutama dengan makanan keras dalam kondisi gigi goyang akan menimbulkan reaksi gigi terlepas. Beri tahu anak untuk berhati-hati saat mengunyah makanan
  3. Beri anak pengertian bahwa mencabut gigi yang goyang penting untuk dilakukan agar menghindari gigi lepas dan tertelan. Selain itu beri anak semangat untuk berani melakukan pencabutan gigi

 

https://www.healthdirect.gov.au/swallowed-object

https://www.hey.nhs.uk/patient-leaflet/swallowed-objects/?_ga=2.267013961.612726637.1573776555-815845611.1573612733

https://m.wikihow.com/Remove-a-Swallowed-Tooth

 

 

270total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *