Fungsi ASI Sebagai Efek Penahan Nyeri pada Bayi Baru Lahir

 

 

 

oleh dr. Meutia Ayuputeri, MRes, IBCLC

Dokter umum, Konselor menyusui

Halo ayah dan ibu kejora,

Tahukah anda bahwa Air Susu Ibu (ASI) memiliki efek penahan nyeri pada bayi baru lahir?

Bayi baru lahir (newborn) dapat merasakan nyeri, dan bahkan lebih sensitif terhadap nyeri dibanding orang dewasa. Nyeri pada bayi baru lahir dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dan berdampak pada perkembangannya. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa pemberian ASI pada bayi baru lahir saat prosedur medis ringan seperti pengambilan darah atau penyuntikan obat/imunisasi merupakan salah satu metode untuk mengurangi nyeri non-farmakologis (tanpa obat).1 Bayi baru lahir yang mendapatkan ASI dengan menyusu langsung pada ibunya menunjukkan penurunan nyeri yang lebih efektif dibandingkan dengan bayi baru lahir yang diberikan Air Susu Ibu Perah (ASIP).

ASI mengandung pro-endorfin , yakni zat kimia sejenis morfin yang diproduksi tubuh manusia. Zat inilah yang diduga memiliki efek penahan nyeri pada bayi. Selama bayi menyusu langsung pada payudara ibunya, bayi akan mendapat rasa nyaman yang berasal dari hisapannya dan dekapan dari ibunya. Hal ini pun dapat menambah efek penahan rasa nyeri yang berasal dari ASI2, tentu dengan kondisi ibu menyusui dalam keadaan sehat untuk memberikan ASI.

Jadi, Ayah dan Ibu Kejora, penting diingat bahwa ASI bukan obat definitif (drug). Apabila Si Kecil Kejora sakit, ayo diperiksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang sesuai.

Sumber:

1 Shah PS, Aliwalas L, Shah V. Breastfeeding or breastmilk to alleviate procedural pain in neonates: A systematic review. Breastfeeding Medicine 2007; 2(2): 74-82.

2 Brovedani P. Analgesic effect of mother’s milk. In Davanzo R: Nutrition with human milk. Research and practice. 2010. Medela AG: Italy.

Editor : drg. Annisa Sabhrina

115total visits,1visits today