oleh dr. Sunita

Dokter Umum

 

Halo, Keluarga Kejora! Di masa pandemi COVID-19 seperti ini, tetap tinggal di rumah merupakan salah satu pilihan terbaik untuk dilakukan. Tentu Ayah dan Ibu juga tau bahwa kebersihan rumah merupakan hal yang tidak kalah pentingnya. Oleh karena itu, Kejora ingin berbagi informasi dan tips mengenai disinfeksi.

 

Disinfeksi merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mengurangi atau membasmi mikroorganisme pathogen pada benda tidak bergerak. Diharapkan proses disinfeksi ini dapat menurunkan risiko penyebaran infeksi. Disinfeksi berbeda dengan sterilisasi. Sterilisasi dimaksudkan untuk membasmi semua mikrooganisme dan biasanya dilakukan pada peralatan dan fasilitas kesehatan. Disinfeksi rumah tangga dilakukan pada permukaan datar (misalnya pada lantai, dinding, perabot rumah tangga, pegangan pintu, dsb), permukaan lunak atau berpori (misalnya tirai, karpet, dsb), dan pakaian.

 

Untuk melakukan disinfeksi permukaan datar, beberapa larutan yang umum digunakan, antara lain:

  • Pemutih (larutkan 1 Liter air dengan 2 sendok makan)
  • Karbol (larutkan 1 Liter air dengan 1 sendok makan)
  • Pembersih lantai (larutkan 5 Liter air dengan 1 tutup botol)

 

Dalam melakukan disinfeksi permukaan datar, sebaiknya digunakan sarung tangan, masker, ataupun pelindung kaki (seperti sepatu boot). Disinfeksi dilakukan dengan pengelapan kain mikrofiber yang direndam larutan disinfektan. Cara lain yang dapat digunakan untuk melakukan disinfeksi adalah dengan menggunakan cairan yang disemprotkan ke tisu berlapis atau kain. Lakukan pengelapan dengan gerakan zig zag atau memutar dari tengah keluar. Biarkan permukaan hingga kering. Proses disinfeksi ini dapat dilakukan 2 kali sehari.

 

Mainan anak juga sebaiknya kebih sering dibersihkan. Larutan yang dapat digunakan untuk membersihkan mainan anak adalah larutan pemutih (larutkan 1 Liter air dengan 2 sendok makan) atau alkohol dengan kadar 70%. Ini terutama untuk mainan yang sering disentuh. Gunakan kain lap atau tisu berlapis untuk membersihkan dan biarkan hingga kering.

 

Untuk karpet, tirai, atau boneka anak, gunakan larutan pembersih yang sesuai yang tersedia di pasaran. Disinfeksi dilakukan dengan mencucinya dengan air yang paling hangat, dengan tetap memperhatikan instruksi cuci dari pabrik. Hal yang sama juga disarankan untuk proses disinfeksi pakaian. Gunakan deterjen yang sesuai dan air yang paling hangat sesuai dengan instruksi pencucian yang tertera pada pakaian. Selain itu, sebaiknya pakaian kotor tidak diaduk dengan tujuan meminimalisir kemungkinan penyebaran virus melalui udara. Jika ada anggota keluarga yang sakit, maka pakaiannya sebaiknya dicuci secara terpisah. Keranjang dan tas pakaian juga jangan lupa untuk dibersihkan dengan cara disinfeksi untuk permukaan datar. Setelah melakukan disinfeksi, jangan lupa juga untuk melepaskan alat pelindung dan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

 

Jangan lupa untuk melakukan disinfeksi pada barang pribadi, seperti telepon genggam dan laptop ya, Ayah dan Ibu! Disinfeksi dapat dilakukan dengan pembersih khusus yang dijual di pasaran.

 

Semoga tips disinfeksi di atas bermanfaat dan semakin menjauhkan kita dari infeksi COVID-19. Sehat selalu, Keluarga Kejora!

 

Sumber:

https://www.cdc.gov/infectioncontrol/guidelines/disinfection/introduction.html

https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prepare/cleaning-disinfection.html

Panduan Disinfeksi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/key-messages-and-actions-for-covid-19-prevention-and-control-in-schools-march-2020.pdf?sfvrsn=baf81d52_4

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *