oleh dr. Natasha Supartono, Sp.THT

Dokter Spesialis Telinga-Hidung-Tenggorokan

Halo Ayah Ibu! Pernahkah Ayah Ibu melihat si kecil memasukkan mainannya ke dalam telinga? Bahayakah? Yuk, kita simak pembahasan berikut tentang benda asing di telinga.

Masuknya benda asing ke dalam telinga cukup sering terjadi terutama pada anak-anak. Hal ini biasanya terjadi pada saat si kecil sedang bermain dan dapat berupa benda mati maupun benda hidup. Benda mati dapat berupa kapas yang terlepas dari cotton bud, kacang-kacangan, baterai, manik-manik, lego, atau mainan lainnya yang berukuran kecil yang dapat masuk ke dalam telinga. Benda hidup dapat berupa serangga.

Benda asing yang masuk ke dalam telinga dapat menyebabkan terjadinya nyeri pada telinga, infeksi, serta gangguan pendengaran. Rasa nyeri terjadi karena benda asing dapat melukai liang telinga dan jika dibiarkan dapat menimbulkan reaksi radang yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi serta gangguan pendengaran. Benda asing yang masuk terlalu dalam juga dapat melukai serta membuat gendang telinga berlubang yang tentunya akan mengganggu fungsi pendengaran.

Penatalaksanaan benda asing di dalam telinga harus segera dilakukan. Cara mengeluarkan benda asing di dalam telinga berbeda-beda sesuai dengan jenis benda asing tersebut. Jika Ayah atau Ibu mencurigai adanya benda asing pada telinga si kecil, tidak disarankan untuk mengambil tindakan sendiri ya, misalnya seperti memberikan obat tetes, mengorek atau pun memasukkan air ke dalam telinga karena dapat berisiko melukasi dan menyebabkan infeksi. Ayah dan Ibu dapat segera membawa dan mengkonsultasikan si kecil ke dokter THT.

Edited by dr. Sunita

Sumber:

Bailey’s Head & Neck Surgery Otolaryngology 5th edition, 2014.

https://www.aafp.org/afp/2007/1015/p1185.html

289total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *